"ku tidak membidik dengan tanganku, dia yang membidik dengan tangannya telah melupakan wajah Tuhannya, aku menembak dengan hatiku"


"Aku tidak membunuh dengan pistolku, Dia yang telah membunuh dengan pistolnya telah melupakan wajah Tuhannya

Aku membunuh dengan hatiku"


Bagaimana rasanya jika tindakan kita ditentukan olen hasrat yang samar dan tiadanya pikiran murni? Adakah hubungan pasti antara tindakan dan kesadaran pikiran, shine. 


Shine dan Tower Adalah Hasrat

Jake punya kelebihan, pikirannya murni, bebas dari segala materi. Pikiran dia bisa meruntuhkan tower kehidupan. Tower itu memberi keluatan pada seluruh dunia, disana adalah pusat segala kekuatan, menghubungkan berbagai kehidupan dan dunia yang lain. Sentral kehidupan di masing masing dunia punya penjaga, melindungi tower dari serangan asing, kegelapan lain. Satu-satunya penegak kehidupan, ialah kekuatan dasar penggerak itu. Walter menyaksikan berbagai kehidupan di dunia lain, jika dia menghancurkan tower, dunia bisa ia kendalikan. Walter tetap menggunakan pikiran anak untuk menghancurkan tower. Hanya dengan Shine Jake tower alam runtuh, jake mengalami semua mimpi tentang tower, penyerangan dan hubunganya dengan gempa New York. Sekejap ia diarahkan dengan banyak hal yang belum pernah ia tahu, Jake merasa aneh, tapi tetap percaya jika walter menyerang dunia, seluruh kegelapan akan merudak dunia, bahkan bumi. 


Gunslinger; Sebuah Kesadaran 

Sudah lama sekali Roland tidak mengucapkan sumpah ginslinger. Dalam hatinya hanya berisi dendam dan amarah, shine Roland hampir mati. Sikap pasrah Roland menunjukkan ketidaktahuannya terhadap permainan Walter. Sedangkan Jake membantu Roland kembali menjad Gunslinger, ksatria penjaga tower. Kekuatan yang dimiliki penjaga tower adalah pistol dengan peluru lebiran baja "excalibur" , gunslinger termasuk orang berpengaruh di berbagai dunia. Namun masih ada indikasi Gunslinger lain yang masih hidup. Untuk menyelamatkan dunia dengan cara lain, Gunslinger seorang ksatria berpeluru, pegelana waktu dan penjaga keseimbangan. 


Postcript

Dunia nyata punya Tower (hasrat) shine (pikiran) dan kuasa. Kehendak berkuasa yang diperankan Walter menunjukkan bagaiman setiap manusia punya sifat dasar, kehendak berkuasa, dalam bahasa Nietszche "will to power". Kehendak manusia menguasai yang lain seperti pengetahuan, negara, dan dunia. Sifat dasar manusia ini bisa mematikan shine "pikiran murni" manusia, lalu hanya menciptakan sifat buruk, dendam dan kebengisan. Lalu Walter mencoba menghancurkan takdirnya dengan kekuatannya, ia juga menyadari batas kekuatannya sendiri. 

Akankah dunia ini menjadi apa adalah ditentukan tindakan dan pikiran manusia, meski itu Shine. 


*Alvarisi

Penulis | Temanmu